Perbedaan In, On, At Pengertian dan Contoh Kalimat Lengkap

Perbedaan In, On, At Pengertian dan Contoh Kalimat Lengkap


Perbedaan In, On, At Pengertian dan Contoh Kalimat Lengkap - Dalam berbahasa indonesia, penggunaan kata depan "di" sangatlah sering dijumpai, sama halnya dalam berbahasa inggris. Tapi yang membedakan dalam bahasa Indonesia "di" digunakan secara umum untuk menjelaskan lokasi / daerah asal dan juga untuk menjelaskan posisi suatu benda. Akan tetapi dalam berbahasa inggris kata "di" memiliki 3 kata yang berbeda yaitu "In, On, At". Dan berikut penjelasannya :

Inti perbedaan penggunaannya dari ketiga kata tersebut dibedakan menjadi 2, yaitu perbedaan dalam menjelaskan waktu dan yang kedua adalah lokasi. Admin akan memberi contoh agar lebih mudah dipahami.

1. Contoh penggunaan "In, On, At" dalam menjelaskan Waktu

-Silvia was born in 1999
-Silvia was born on march 15th
-Silvia was born at 8:13 AM

Dengan membaca 3 contoh kalimat diatas pasti setidaknya kita dapat mengerti perbedaan dalam penggunaannya. Berikut penjelasan penggunaan "In, On, At" pada kalimat tersebut.

IN
Dalam contoh kalimat diatas menjelaskan tentang waktu, in dugunakan untuk menjelaskan waktu yang umum / memiliki cakupan yang luas. Dalam contoh tersebut penerapannya adalah hanya menjelaskan tahun. Dan lebih cocok penggunaannya daripada menggunakan "On" ataupun "At". Untuk contoh waktu yang bercakupan luas yang lain misalnya abad, morning, afternoon, evening.

ON
Dalam contoh kalimat diatas menjelaskan tentang waktu, On penggunaannya lebih spesifik daripada on. Karena sudah jelas lebih spesifik dalam kalimat tersebut menjelaskan bulan dan tanggalnya. Lebih spesifik penggunaannya daripada in yang hanya menjelaskan tahun. Contoh lain misalnya "on Sunday, on Monday, on Tuesday, etc"

AT
Untuk kata ketiga ini dalam contoh kalimat tersebut sudah sangat jelas bahwa kata ini digunakan untuk menjelaskan waktu yang paling spesifik misalnya waktu yang terjadi tersebut pukul berapa.

2. Contoh penggunaan "In, On, At" dalam menjelaskan Tempat / Lokasi

-Doni lives in Surabaya
-Doni lives on Melati Street
-Doni lives at 13th Melati Street

Lalu, Apa perbedaan penggunaan "In, On, At" ketiga kalimat diatas?

IN
Sama halnya saat menjelaskan waktu tadi. Dalam menjelaskan lokasi in juga untuk menjelaskan lokasi yang memiliki cakupan yang umum / besar. Untuk contoh lain misalnya benua, negara, provinsi, dsb.

ON
Dalam penggunaannya, on digunakan untuk menjelaskan tempat yang lebih spesifik dari in. Dan dalam contoh kalimat diatas tidak menggunakan nomor. Karena jalan Melati bisa saja nomor 1-100.

AT
Dan sudah sangat jelas dalam contoh kalimat di atas bahwa penggunaan at paling spesifik dari ketiga kalimat tsb dalam menjelaskannya.

Dari ketiga kata tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa inti penggunaannya "in" untuk menjelaskan sesuatu yang masih bersifat umum. Dan "on" untuk menjelaskan sesuatu yang umum tetapi lebih spesifik. Dan "at" yang lebih spesifik dari ketiga kata tsb.

Jadi, kita mungkin harus meembiasakan perbedaan penggunaan tersebut dan lama-lama pasti akan terbiasa membedakannya. Jangan lupa baca artikel yang lain yaa.., semakin banyak yang kita baca, semakin mahir kita dalam berbahasa inggris. Tetap semangat ^.^
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url