11 Perbedaan Tes TOEFL dan Tes IELTS Lengkap

11 Perbedaan Tes TOEFL dan Tes IELTS Lengkap

Banyak sekali di luar sana lembaga bimbingan belajar yang menawarkan program untuk melakukan tes TOEFL dan IELTS. Terlepas dari biayanya yang mahal kedua tes ini banyak diminati oleh masyarakat. Mengingat, kedua tes ini cukup banyak dibutuhkan saat ini. Seperti prasyarat untuk beasiswa, pergi keluar negeri, dll.

Berikut perbedaan antara Tes Toefl dengan Tes IELTS yang telah dirangkum oleh bim-online :


1. Syarat Universitas
Pada umumnya, tes TOEFL diperlukan untuk universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan tes IELTS untuk institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. Namun sekarang beberapa universitas menerima kedua tes bahasa inggris tersebut. Jadi, ada baiknya kita mengecek kembali syarat yang diminta oleh universitas sebelum mengambil salah satu tes tersebut.

2. Biaya Tes TOEFL dan IELTS
Untuk biaya tes memang terbilang cukup mahal. Dan antara kedua tes ini hanya terpaut ratusan ribu. Untuk tes TOEFL biayanya sekitar $175 (* 14000 kurs sekarang) sekitar Rp. 2.400.000. Tetapi banyak beberapa lembaga tes yang menawarkan harga diskon dengan syarat dan ketentuan tertentu. Sedangkan untuk biaya tes IELTS sedikit lebih mahal yaitu $195 (*14000 kurs sekarang) sekitar Rp. 2.730.000.

3. Perbedaan Metode Tes TOEFL dan IELTS
Pada umumnya, tes TOEFL adalah TOEFL iBT (Internet Based Test) yakni kamu akan menjawab pertanyaan melalui komputer. Sedangkan IELTS, semua jawaban ditulis dangan, dan pada "Speaking Section" akan dinilai langsung oleh orang yang mendengar jawaban kamu.

4. Perbedaan Cara Penilaian Tes TOEFL dan IELTS
Pada tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum 120. Dimana pada semua bagian (Reading, Listening, Speaking, Writing) memiliki nilai sebanyak 30 dan diakumulasikan. Sedangkan Tes IELTS menilai setiap bagian tes dengan skor 0-9. Dan akan rata-rata untuk skor akhir dalam skala 0-9.0

5. Bahasa Inggris yang digunakan
Pada tes TOEFL tes menggunakan Bahasa Inggris Amerika, Sedangkan IELTS menggunakan Bahasa Inggris British. Meskipun relatif sama, ada beberapa perbedaan seperti pada beberapa ejaan, idiom, dan logat pada kedua tes tersebut.

6. Perbedaan Reading Section Pada Tes TOEFL dengan IELTS
"Reading Section" pada tes TOEFL akan memberi 3-5 text bacaan diikuti pilihan ganda. Sedangkan pada Tes IELTS terdapat 3 teks bacaan dengan pertanyaan campuran

7. Perbedaan Speaking Section Pada Tes TOEFL dengan IELTS
Dalam "Speaking Section" tes TOEFL terdapat 6 pertanyaan pendek. Sedangkan pada Tes IELTS, terdapat tes speaking dengan penilai. Peserta tes berdialog langsung dalam durasi 12-14 menit yang biasanya pertanyaan tentang diri sendiri atau sebuah topik diskusi.

8. Perbedaan Writing Section Pada Tes TOEFL dengan IELTS
Pada "Writing Section" TOEFL, peserta akan diminta menulis 300-350 kata tentang topik yang telah ditentukan. Dan esai yang diharapkan dapat menggabungkan kemampuan menulis dan mendengar. Sedangkan pada Tes IELTS, terdapat 200-250 kata dan selanjutnya peserta tes diminta menyimpulkan pendapat dari sebuah informasi grafik.

9. Perbedaan Listening Section Pada Tes TOEFL dengan IELTS
Pada tes TOEFL, peserta akan mendengarkan pembicaraan sekitar 40-60 menit. Dimana peserta harus mendengarkan dengan baik dan mencatat poin-poin penting yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pada akhir tes. Sedangkan pada Tes IELTS, peserta tes akan mendengarkan audio pendek dan menjawab secara langsung saat mendengarkan audio tersebut.

10. Tingkat Kesulitan Tes TOEFL dengan Tes IELTS
Untuk kesulitan pada kedua tes ini termasuk subjektif. Sebenarnya kedua tes ini relatif sejajar dalam tingkat kesulitannya.

11. Perbedaan Durasi Tes Pada Tes TOEFL dengan IELTS
Pada Tes TOEFL berlangsung selama +- 4 jam. Sedangkan pada Tes IELTS berdurasi kurang lebih 2 jam 45 menit.

Itulah perbedaan antara Tes TOEFL dengan Tes IELTS. Bagaimana pendapat kalian? Kalian lebih suka tes yang mana?

Source :
ETS Site : https://www.ets.org/
IELTS Site : https://www.ielts.org/
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url