6 Contoh Recount Text Pengertian, Fungsi Ciri dan Artinya

Recount Text

Recount text sesuai namanya yang berarti menceritakan kembali. Berdasarkan nama tersebut recount text merupakan salah satu text bahasa Inggris yang berfungsi untuk menceritakan kisah atau pengalaman dari masa lalu dan berfungsi untuk memberi informasi dan menghibur pembaca dari recount text tersebut. Lalu apa perbedaan recount text dengan narrative text? recount text lebih menceritakan pada pengalaman dan narrative text bercerita tentang fiksi/bukan kisah nyata.
Recount-Text

Ciri-Ciri Recount Text :

1. Menggunakan Past Tense
Contoh : I went to Bali with my family and I was very happy
2. Terdapat adverbial phrase untuk menjelaskan keterangan waktu, tempat
Contoh : Last week, last month, in Bali.
3. Terdapat conjuction atau kata hubung
Contoh : And then, after that.

Struktur Recount Text :

Recount Text memiliki 3 bagian

1. Orientation
Pada bagian ini menjelaskan informasi awal seperti dengan siapa, dimana, kapan kejadian tersebut terjadi (who, where, when

2. Event
Pada bagian ini menjelaskan urutan kejadian menggunakan adverbial phrases

3. Re-orientation
Merupakan bagian akhir dengan memberikan rangkuman singkat dari semua hal yang telah terjadi dan penulis memberikan kesan terhadap pengalaman yang telah terjadi

Macam-macam recount text

1. Personal Recount Text
yang menceritakan tentang pengalaman pribadi

2. Factual Recount Text
Menceritakan tentang fakta/laporan suatu kejadian yang terjadi seperti laporan penelitian, laporan kriminalitas

3. Imaginative
Menceritakan kisah imajinatif. Recount text ini hampir sama dengan narrative text namun kisah imajinatif ini masih dalam pengalaman pribadi seperti menceritakan sebuah mimpi.

Berikut 6 Contoh Recount Text Beserta Artinya :

Trip to Sumber Pitu Waterfall
Last holiday my family and I, visited Sumber Pitu waterfall , Pujon, Malang. The waterfall is very beautiful . I have never seen such a beautiful waterfall. To reach the location of the waterfall, we have to walk as far as 1.5 km from the car park. The location is quite far, because 1.5 km is taken with an uphill track and very draining conditions. But after arriving at the waterfall the atmosphere is really fun. The water is so fresh and the beautiful scenery around is still natural. Finally,the day got dark and we decided to go home. And that was an unforgettable experience visiting a beautiful waterfall on my vacation with family. I really enjoyed it.

Perjalanan ke Air Terjun Sumber Pitu
Pada hari libur yang lalu saya dan keluarga saya, mengunjungi air terjun Sumber Pitu, Pujon, Malang. Air terjun itu adalah air terjun yang sangat indah. Saya tidak pernah melihat air terjun seindah itu. Untuk mencapai lokasi air terjun, kami harus berjalan kaki sejauh 1,5 km dari tempat parkir mobil. Lokasinya cukup jauh, karena 1,5 km ditempuh dengan kondisi yang menanjak dan sangat menguras tenaga. Tetapi setelah sampai di air terjun suasananya sungguh menyenangkan. Airnya begitu segar dan pemandangan indah sekitar yang masih alami. Akhirnya, hari semakin gelap dan kami memutuskan untuk pulang. Dan itulah pengalaman yang tak terlupakan mengunjungi air terjun yang indah di liburan saya dengan keluarga. Saya sangat menikmatinya.

Pergi ke Pantai Sendiki
Kemarin saya dan keluarga saya pergi ke pantai sendiki. Perjalanannya lumayan jauh karena harus melewati jalanan yang rusak. Perjalanan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Tetapi sesampainya disana serasa perjalanan yang lama itu tidak sia-sia. Pantai sendiki sangatlah menawan. Apalagi kami saat sampai di pantai waktu pagi hari. Kami menikmati indahnya matahari terbit disana. Pantainya sungguh bersih, dengan ombak yang tidak terlalu besar. Dengan mata hari terbit kami melihat indahnya alam dan berfoto membuat siluet memanfaatkan sinar matahari pagi. Setelah puas menikmati indahnya pantai sendiki. Kami memutuskan untuk pulang. Saat perjalanan pulang kami mencari restoran untuk makan. Aku sekeluarga memilih menu yang sama yaitu nasi goreng. Setelah makan, kami membayar bill. Setelah itu kami pulang, dan kami sampai dirumah pukul 6 sore. Kami sangat lelah tetapi kami senang karena telah melihat indahnya pantai tersebut

Going to Sendiki Beach
Yesterday my family and I went to the Sendiki Beach.The journey is quite distant because it must pass through the damaged road. The journey takes about 7 hours drive. But when there arrive as long journey was not in vain. The beach itself is very charming. Especially when we got to the beach in the morning. We enjoy the beautiful sunrise there. The beach is really clean, with the waves not too big. With the sunrise, we see the beauty of nature and take pictures make silhouette by using the sunrise. Once satisfied enjoy the beautiful beach alone. We decided to go home. On the way home we looked for a restaurant to eat. My family chose the same menu that is fried rice. After the meal, we pay the bills. After that we went home, and we got home at 6 pm. We are very tired but we are happy to have seen the beauty of the beach.

Pergi ke Rumah Kakek
Liburan sekolah yang lalu, aku menghabiskan waktu liburanku bersama keluarga untuk mengunjungi rumah kakek di Bojonegoro. Perjalanannya menuju sana kira-kira 3 jam menggunakan mobil dari rumah kami Surabaya.

Dalam perjalanan ke rumah nenek kami melihat banyak pemandangan yang indah. Sawah yang sangat luas dan hijaunya pemandangan yang belum tersentuh polusi seperti di Surabaya. Sesampainya disana kami sudah disambut oleh kakekku yang sudah menunggu. Kami sampai disana pukul 18:00. Pada saat itu aku ingat bahwa besok adalah hari raya idul fitri. Pada malam har raya idul fitri, banyak sekali yang antusias menyambut idul fitri. Ada yang mengelilingi desa membunyikan kentongan dan meneriakkan "Allahuakbar" dan banyak sekali petasan yang menghiasi langit. Keesokan harinya kami sholat ied di masjid di dekat rumah kakekku. Setelah merayakan idul Fitri bersama dengan kerluarga besarku kami pulang kembali ke Surabaya. Memang menghabiskan waktu liburan di desa sangatlah menyenangkan mengingat dengan suasana yang masih alami di sana.

Go to Grandfather's House
Last school holidays, I spent my vacation with family to visit grandfather's house in Bojonegoro. The journey to get there about 3 hours by car from our house Surabaya.

On the way to grandma's house we saw many beautiful scenery. Rice fields are very wide and green views that have not been touched by pollution like in Surabaya. Upon arrival we were greeted by my waiting grandfather. We got there at 18:00. At that time I remember that tomorrow is the holiday of Idul Fitri. On the night of Idul fitri, a lot of enthusiastically welcomed Eid fitri. Some who surrounded the village rang kentongan and shouted "Allahuakbar" and a lot of firecrackers that adorn the sky. The next day we prayed at the mosque near my grandfather's house. After celebrating Eid al-Fitr along with my great family we went back to Surabaya. Indeed spend the holiday in the village is very enjoyable considering the atmosphere that is still natural there.

Liburan Semester Mengunjungi Pantai Bajul Mati
Liburan semester yang lalu adalah momen yang sangat menyenangkan. Karena selama saya duduk di kelas XI, saya banyak menghabiskan waktu untuk belajar. Dan sudah lama sekali tidak melakukan liburan.

Liburan kemarin, saya mengunjungi pantai seperti biasanya dengan keluarga. Yaitu mengunjungi pantai "Bajul Mati". Pantai tersebut terletak di Malang dan termasuk deretan beberapa pantai yang ada di daerah Malang selatan. Sesampainya di Pantai, cuacanya cukup terik. Namum keindahan pantai, dan bunyi ombak yang sangat menenangkan membuat kita lupa akan teriknya matahari. Dan yang  sangat unik dari pantai Bajul Mati adalah pantai tersebut dinamai "Bajul Mati" karena terdapat pulau yang jika dilihat dari pantai terlihat seperti moncong buaya. Mungkin itulah sebabnya pantai ini disebut pantai "Bajul Mati". Setelah puas menikmati indahnya pantai tersebut kami memutuskan untuk pulang. Liburan semester yang lalu adalah liburan yang sangat menarik setelah lelah melewati banyaknya ujian di sekolah.

Visiting Bajul Mati Beach
The last semester vacation was a very pleasant moment. Because as long as I sit in class XI, I spend a lot of time to learn. And it's been a long time not having a holiday.

The last holiday, I visited beach as usually with family. The beach is Bajul Mati. The beach is located in Malang and includes several rows of beaches in the area of ​​southern Malang. Arriving at the beach, the weather is quite hot. But the beauty of the beach, and the sound of the waves are very soothing makes us forget the sun shine. And the very unique of Bajul Mati beach is the beach is named "Bajul Mati" because there is an island which when viewed from the beach looks like a crocodile snout. Maybe that's why this beach is called the beach "Bajul Mati". After enjoying the beautiful beach we decided to go home. The last semester vacation was a very exciting holiday after getting tired of passing many exams at school.

Liburan ke Paralayang
Liburan kemarin saya pergi ke "Paralayang". Paralayang terletak di Malang. Paralayang tempatnya sungguh menarik. Tempat ini seperti bukit yang cukup tinggi dan memiliki beberapa spot foto yang cukup bagus. Kita dapat melihat indahnya pemandangan kota Malang dan meilhat pemukiman warga dari puncak paralayang. Di sebelah Paralayang terdapat "Omah Kayu" yang cukup bagus juga untuk dibuat tempat berfoto. Untuk masuk kesana kita diberi kesempatan 2 orang pengunjung untuk masuk secara bergantian dan diberi waktu sekitar 5 menit untuk menghabiskan waktu berfoto di "Omah Kayu". Setelah itu aku memutuskan untuk pulang. Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik yang wajib untuk dikunjungi.

Holiday to Paralayang
My holiday yesterday went to "Paralayang". Paralayang is located in Malang. Paralayang is really interesting. This place is like a fairly high hill and has some pretty good photo spots. We can see the beauty of the city of Malang and meilhat residential residents from the top of paragliding. Next to Paralayang there is "Omah Kayu" which is pretty good also to be made as a photo spots. To enter there we are given 2 visitors opportunity to go in turns and given about 5 minutes to spend time taking pictures in "Omah Kayu". After that I decided to go home. Malang has many interesting sights that must be visited.

Liburan ke Tanah Lot, Bali
Liburan kemarin, saya pergi ke Bali bersama keluarga saya. Di Bali saya mengunjungi pantai, tepatnya adalah pantai Tanah lot. Banyak sekali turis di pantai ini. Dan saya pun  mencoba mengajak beberapa turis untuk berfoto bersama dengan keluargaku. Di pantai itu terdapat banyak fasilitas wisata seperti speed boat, banana boat dan lain lain. Saya mencoba menaiki banana boat dengan keluargaku. Sungguh menyenangkan bermain Banana boat bersama keluarga. Setelah itu kami mencari hotel untuk menginap. Kami menghabiskan waktu berlibur di Bali selama seminggu dan mengunjungi beberapa pantai yang lain seperti Pantai Pandawa, Pantai Kuta, dan Pantai Sanur. Liburan kali ini sungguh menyenangkan karena menghabiskan waktu bersama keluarga dan menikmati indahnya pantai di Bali.

Holiday to Tanah Lot, Bali
Holidays yesterday, I went to Bali with my family. In Bali I visited the beach, exactly is Tanah lot beach. Lots of tourists on this beach. And I tried to take some tourists to take pictures with my family. On the beach there are many tourist facilities such as speed boat, banana boat and others. I tried to board a banana boat with my family. It's fun to play Banana boat with family. After that we searched for hotel to stay. We spent holiday in Bali for a week and visited some other beaches like Pandawa Beach, Kuta Beach and Sanur Beach. This holiday is really fun because they spend time with family and enjoy the beautiful beach in Bali.